Sabtu, 10 November 2012

Pentingnya Belajar

     Kita perlu belajar. Mengapa? Karena belajar adalah modal utama untuk mendapatkan pengetahuan. Pengetahuan penting bagi  kita agar dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja yang perlu kita pelajari? Obyek yang kita pelajari bisa bermacam-macam, dengan cara formal maupun informal. Belajar formal misalnya, kita peroleh dari pendidikan formal di sekolah. Yang dipelajari di sekolah juga berbeda untuk tiap tingkat usia; sewaktu di sekolah dasar kelas satu misalnya, kita perlu belajar tentang cara menulis dan membaca. Di sekolah, ibu atau bapak guru mengajari kita cara menulis huruf ataupun mengeja huruf. Di rumah, kita lanjutkan pelajaran dengan berlatih menulis dan membaca.  Di sekolah menengah pertama, bapak atau ibu guru mengajari kita pelajaran tentang klasifikasi mahluk hidup, maka di rumah kita lanjutkan kegiatan belajar tersebut dengan mengerjakan tugas yang diberikan ataupun menambah pengetahuan tentang klasifikasi mahluk hidup dengan emmbaca buku atau mencari informasi dari internet. Demikian juga untuk pelajaran yang lain, kita cari informasinya dari berbagai sumber sehingga pemahaman kita menjadi luas dan penguasaan kita terhadap materi pelajaran menjadi lebih baik.
     Belajar secara informal, misalnya kita peroleh dengan cara mengikuti les atau tambahan pelajaan tambahan di luar jam sekolah. Kegiatan ini dilakukan di luar jam sekolah dan tentu saja memiliki bobot yang sama baiknya dengan belajar secara mandiri di rumah. 
Seberapa penting belajar secara mandiri itu? belajar secara mandiri di rumah ataupun dengan cara berdiskusi kelompok di luar jam sekolah sangat penting dilakukan karena dapat memperkuat pemahaman kita terhadap materi yang telah diberikan oleh bapak atau ibu guru di sekolah, sehingga kita bisa memperoleh dua keuntungan. Pertama, pemahaman kita terhadap materi bertambah. Kedua, nilai kita atas mata pelajaran tersebut dapat meningkat. 
     Keuntungan lain, dengan bertambah dalamnya pemahaman kita terhadap pelajaran dan baiknya nilai yang diperoleh, rasa percaya diri kita akan meningkat dan memberikan keuntungan secara psikologis bagi perkembangan kepribadian kita. Karena itu, bagi seorang pelajar, penting untuk belajar dengan sungguh-sungguh. Ingatlah, bahwa belajar itu  tidak mengenal usia, jenis kelamin, jabatan, kedudukan, pangkat.... jangan letih untuk belajar.. jangan berhenti belajar.. selagi masih sehat, sempat dan semangat..maka kita harus... BELAJAR..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar